Senin, 05 Desember 2011

Kornea


Kornea

Kornea adalah selaput bening mata yang tembus cahaya, merupakan lapisan jaringan yang menutup bola mata sebelah depan dan terdiri atas 5 lapis, yaitu (3):

Epitel : Tebal epitel 50 ?m dan terdiri atas 5 lapis sel epitel tidak bertanduk yang saling tumpang tindih; satu lapis sel basal, sel poligonal dan sel gepeng. Sel basal menghasilkan membran basal yang melekat erat kepadanya dan bila terjadi gangguan akan mengakibatkan erosi rekuren. Epitel berasal dari ektoderm permukaan.

Membran Bowman : Terletak di bawah membran basal epitel kornea yang merupakan kolagen yang tersusun tidak teratur seperti stroma dan berasal dari bagian depan stroma.
Stroma : Terdiri atas lamel yang merupakan susunan kolagen yang sejajar satu dengan lainnya, pada permukaan terlihat anyaman yang teratur sedang di bagian perifer serat kolagen ini bercabang. Terbentuknya kembali serat kolagen memakan waktu lama yang kadang-kadang sampai 15 bulan.
Membran Descemet : membran aseluler dan merupakan batas belakang stroma kornea dihasilkan sel endotel dan merupakan membran basalnya. Bersifat sangat elastik dan berkembang terus seumur hidup, mempunyai tebal 40 ?m
Endotel : berasal dari mesotelium, berlapis satu, bentuk heksagonal, besar 20-40 ?m. Endotel melekat pada membran descemet melalui hemidesmosom dan zonula okluden.

kembali ke bagian-bagian mata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar