Selasa, 06 Desember 2011

cara umum menangani mata cedera


Beberapa cedera mata yang umum, seperti luka tusukan mendalam dari kecelakaan, bisa memerlukan pengobatan segera atau operasi untuk mencegah kerusakan mata permanen yang mengakibatkan hilangnya penglihatan.
Goresan permukaan kecil, di sisi lain, mungkin hanya perlu pemantauan sederhana setelah kunjungan pertama ke dokter mata untuk membuat komplikasi seperti infeksi memastikan mata tidak terjadi.
Panduan ini untuk cedera mata umum dapat membantu Anda menentukan langkah selanjutnya setelah kecelakaan, terutama jika Anda berada dalam situasi darurat. Ingat juga bahwa tindakan pencegahan keselamatan akal sehat seperti memakai kacamata keselamatan atau kacamata mungkin pendekatan terbaik untuk mencegah cedera mata sama sekali dan mempertahankan visi sehat untuk seumur hidup.
Kondisi umum yang terkait dengan cedera mata dan trauma meliputi:
Tergores Mata (Abrasi Kornea)
Penyebab umum dari lecet ke permukaan mata (kornea lecet) semakin menusuk di mata atau menggosok mata bila benda asing hadir, seperti debu atau pasir. Kornea lecet sangat tidak nyaman dan menyebabkan sensitivitas terhadap cahaya yang parah.
Jika Anda tahu sesuatu telah tergores mata Anda, sangat penting untuk melihat dokter mata Anda atau ruang darurat / pusat perawatan mendesak untuk mencari pengobatan untuk cedera mata Anda.
Goresan juga dapat membuat mata Anda rentan terhadap infeksi dari bakteri atau jamur. Beberapa jenis bakteri dan jamur bisa masuk mata melalui goresan dan menyebabkan kerusakan serius dalam waktu 24 jam. Bahkan dapat mengakibatkan kebutaan. Hal ini terutama benar jika apa pun yang tergores mata anda kotor atau terkontaminasi.
Ingat juga bahwa infeksi dari cedera mata seperti goresan dapat berasal dari sumber tak terduga seperti kuku bayi atau cabang pohon.
Jika Anda memiliki mata tergores, jangan gosok. Dan jangan tutup mata Anda, baik. Bakteri seperti gelap, tempat yang hangat untuk tumbuh, dan patch mungkin menyediakan lingkungan yang ideal. Cukup menjaga mata tertutup atau longgar tape cangkir kertas atau perisai mata di atasnya. Temui dokter Anda sesegera mungkin untuk memeriksa jenis cedera mata.
Menembus atau Asing Objek dalam Mata
Jika benda asing seperti logam atau hook ikan menembus mata Anda, kunjungi ruang darurat / mendesak pusat perawatan segera. Anda bisa menyebabkan cedera bahkan lebih untuk mata Anda jika Anda mencoba untuk menghapus objek sendiri atau jika Anda menggosok mata Anda.
Jika memungkinkan, cobalah merekam longgar cangkir kertas atau perisai mata atas mata Anda untuk perlindungan, kemudian mencari bantuan.
Mata Anda juga mungkin memiliki benda asing kornea yang kecil, potongan tajam zat (biasanya logam) yang telah menjadi tertanam di permukaan mata (kornea), tetapi belum menembus ke bagian dalam mata.
Badan logam asing dapat dengan cepat membentuk sebuah cincin karat dan bekas luka signifikan. Dokter mata Anda harus menghapus benda asing sesegera mungkin.
Caustic Asing Zat di Eye (Kimia Bakar)
Mendapatkan tiba-tiba disiramkan atau disemprotkan di mata oleh zat lain selain bersih, air tidak berbahaya bisa menakutkan. Beberapa zat membakar atau menyengat tapi cukup berbahaya dalam jangka panjang, sementara yang lain dapat menyebabkan cedera serius. Susunan dasar kimia yang terlibat dapat membuat banyak perbedaan, seperti:
Sebuah percikan di mata oleh apa pun selain air bersih bisa menakutkan. Beberapa zat membakar atau menyengat, tetapi tidak berbahaya dalam jangka panjang; orang lain dapat menyebabkan cedera serius.
* Asam. Sebagai aturan umum, asam dapat menyebabkan kemerahan dan terbakar, tetapi cukup dapat dicuci keluar cukup mudah.
* Alkali. Zat atau bahan kimia yang mendasar (alkali) jauh lebih serius, tapi mungkin tidak tampak begitu karena mereka tidak menyebabkan sakit mata sebanyak langsung atau kemerahan sebagai asam. Beberapa contoh zat alkali pembersih oven, pembersih toilet dan bahkan debu kapur.
Eksposur kimia dan luka bakar biasanya disebabkan oleh percikan cairan mendapatkan di mata Anda. Tapi mereka dapat disebabkan dalam cara-cara lain juga, seperti dengan menggosok mata Anda dan mentransfer kimia dari tangan Anda pada mata Anda atau dengan mendapatkan disemprotkan di mata dengan hair spray atau aerosol lainnya.
Jika Anda terpercik di mata, meletakkan kepala di bawah aliran air keran nyaris hangat selama sekitar 15 menit. Hanya biarkan berjalan ke mata Anda dan ke bawah wajah Anda. Kemudian memanggil dokter mata Anda atau ruang darurat / pusat perawatan mendesak untuk melihat apa yang direkomendasikan untuk cedera mata Anda. Katakan kepada orang di telepon persis apa jenis zat masuk ke mata Anda dan apa yang Anda lakukan tentang hal itu.
Jika Anda tahu mata Anda beresiko karena itu sangat merah atau buram, kemudian hanya pergi segera ke dokter mata atau ruang darurat atau pusat perawatan mendesak setelah Anda dibilas dengan air. Anda dapat menempatkan kompres dingin, lembab atau kantong es di mata Anda, tapi jangan gosok.
Tergantung pada substansi, efek dari eksposur kimia yang menyebabkan cedera mata dapat berkisar dari iritasi kecil untuk kerusakan mata serius dan bahkan kebutaan.
Hitam mata
Kornea laserasi
Mata bengkak atau bengkak dapat hasil dari dipukul di mata seperti dari bisbol bergerak pada kecepatan tinggi. Pengobatan langsung terbaik untuk jenis cedera mata kompres es.
Anda mungkin memiliki mata hitam sederhana (memar di sekitar mata), tetapi Anda harus melihat dokter mata untuk memastikan tidak ada kerusakan internal.
Subconjunctival perdarahan (Perdarahan Mata)
Hal ini cedera mata biasanya terlihat buruk daripada yang sebenarnya. Sebuah perdarahan subconjunctival melibatkan kebocoran darah dari satu atau lebih istirahat dalam pembuluh darah yang terletak di antara bagian putih mata (sklera) dan menutupi yang jelas (konjungtiva).
Subconjunctival perdarahan cukup umum dan dapat terjadi bahkan dari luka kecil pada mata. Mereka mungkin terbatas pada sektor kecil mata, atau mereka dapat memperpanjang seluruh atas mata, membuat sclera putih tampak merah cerah.
Sebuah perdarahan subconjunctival tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak menyebabkan kehilangan penglihatan sementara atau permanen. Tidak ada perawatan yang diperlukan. Selama beberapa minggu, darah akan jelas dan mata akan kembali ke penampilan normal.
Iritis Trauma
Trauma iritis adalah peradangan pada bagian berwarna dari mata yang mengelilingi pupil (iris) dan terjadi setelah cedera mata. Iritis Trauma dapat disebabkan oleh sodokan di mata atau pukulan ke mata dari benda tumpul, seperti bola atau tangan.
Trauma iritis biasanya membutuhkan perawatan. Bahkan dengan pengobatan medis, ada risiko penurunan penglihatan permanen.
Hyphemas dan Fraktur ledakan Orbital
Sebuah hyphema (high-FEE-mah) adalah pendarahan dalam ruang anterior mata, ruang antara kornea dan iris. Fraktur ledakan orbital yang retak atau istirahat dalam tulang wajah sekitar mata.
Hyphemas dan patah tulang ledakan yang cedera mata serius dan darurat medis. Mereka disebabkan oleh trauma tumpul kekuatan yang signifikan dengan mata dan wajah, seperti tertabrak tongkat, bisbol, hoki tongkat atau keping, atau mendapatkan menendang di wajah.
Langkah Untuk Mengambil dalam Kasus Cedera Mata
Jika Anda memiliki cedera mata, hubungi dokter perawatan mata Anda segera untuk saran.
Untuk setiap cedera mata, hubungi dokter mata Anda segera untuk saran. Dokter mata yang paling memiliki nomor kontak darurat untuk malam dan akhir pekan.
Dokter mata yang paling memiliki nomor kontak darurat untuk cedera yang terjadi setelah jam kerja normal atau pada akhir pekan.
Dalam situasi ekstrim tertentu seperti cedera mata menembus atau mata terlempar dari soket, mungkin lebih baik untuk mendapatkan ke rumah sakit segera tanpa meluangkan waktu untuk mencoba menelepon siapa pun.
Setelah Anda berada dalam perawatan dokter, pastikan untuk menyebutkan jika Anda memakai lensa kontak agar Anda dapat disarankan apakah akan meninggalkan mereka atau menghapusnya.
Tergantung pada jenis cedera mata, dokter mungkin ingin kau siram mata Anda dengan air atau larutan garam. Dalam situasi yang lebih serius, Anda mungkin memerlukan pembedahan.
Perlakukan cedera mata semua sebagai keadaan darurat yang potensial, dan tidak pernah ragu untuk menghubungi atau melihat seorang dokter mata segera. Jangan mengambil risiko dengan penglihatan Anda. Ingat, Anda hanya memiliki satu sepasang mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar